Roket Air

Kasus
Seorang guru fisika kelas XI dari SMA X, ingin mengembangkan roket air bagi siswanya. Roket air adalah roket yang menggunakan tekanan air sebagai pelontarnya. Ruang lingkup materi yang dipelajari siswa di SMA berdasarkan permendikbud no 21 tahun 2016 adalah sebagai berikut:
– Hakikat fisika dan pengukuran besaran fisis.
– Kinematika gerak.
– Dinamika gerak.
– Elastisitas dan hukum Hooke.
– Fluida statik dan dinamik.
– Suhu, kalor, gejala pemanasan global (penyebab, dampak, dan solusi pemecahan).
– Teori kinetik gas.
– Persamaan gelombang.
– Cahaya dan alat-alat optik.
– Bunyi.
– Rangkaian listrik searah (DC).
– Rangkaian arus bolak-balik (AC).
– Induksi Faraday.
– Radiasi elektromagnetik.
– Teknologi digital.
– Konsep dan fenomena kuantum.
– Inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam kehidupan.

 

Desainlah peta konsep pembelajaran terpadu tipe connected untuk menghasilkan roket air dengan harapan memiliki jarak lontaran optimum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*